Category Archives: Pajak Penghasilan

Baru !! Pelaporan Realisasi Insentif Pajak COVID-19

Seputar Insentif Pajak Sebagai Respon Pemerintah di Tengah Wabah Covid-19 Pelaporan Realisasi Insentif Pajak ereporting COVID19 – PelaporanPemerintah melalui menteri keuangan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 23 Tahun 2020 Tentang Instentif Pajak Untuk Wajib Pajak Terdampak Wabah Virus Covid-19. Pemberian insentif pajak ini adalah jawaban dari pemerintah atas menurunnya produktivitas para pelaku usaha dikarenakan… Read More »

Manfaatkan Fasilitas PAS Final daripada Kena Sanksi 200%

Apa itu PAS-Final ? Manfaatkan Fasilitas PAS Final daripada Kena Sanksi 200% – Pengungkapan Aset secara Sukarela dengan menggunakan tarif Final disingkat PAS-Final merupakan prosedur resmi dari dirjen pajak yang memberikan kesempatan bagi Wajib Pajak untuk menyampaikan harta yang belum diungkap dalam Surat Pernyataan Harta (bagi peserta TA) maupun belum dilaporkan dalam SPT setelah berakhirnya… Read More »

11 Penghasilan Tertentu Dikenai Pajak Final

Penghasilan Tertentu Dikenai Pajak FinalSecara awam supaya mudah dipahami istilah PPh Final disebut juga PPh yang sudah dibayar / selesai kewajibannya. Metode penghitungan PPh Final terutang diperoleh dari penghasilan bruto dikalikan tarif. Sedangkan PPh lainnya di dapat dari penghasilan neto dikalikan tarif. Alasan kenapa ada PPh Final dihitung dari penghasilan bruto, hal ini dimaksudkan untuk… Read More »

Poin Penting dalam Implementasi Aplikasi e-Bupot PPh 23/26

[UPDATE] Poin Penting dalam Implementasi Aplikasi e-Bupot PPh 23/26 – Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 75 tahun 2020 Dirjen pajak menerbitkan keputusan mengenai penetapan pemotong PPh Pasal 23/26 yang diharuskan membuat bukti pemotongan dan diwajibkan menyampaikan SPT masa PPh Pasal 23/26 berdasarkan Peraturan Dirjen Pajak No. PER-04/PJ/2017. Keputusan Dirjen Pajak No. KEP-368/PJ/2020 yang berlaku… Read More »

Cara Lain Perhitungan Peredaraan Bruto yang Dilakukan Saat Pemeriksaan

Perhitungan Peredaraan Bruto yang dilakukan saat Pemeriksaan – Seperti kita ketahui bahwa dalam sistem perpajakan kita Wajib Pajak diharuskan melakukan pembukuan dan pencatatan atas transaksi yang terjadi, namun pada saat dilakukan pemeriksaan terhadap WP diketahui bahwa WP tersebut : Tidak melakukan kewajiban pencatatan atau pembukuan dalam usahanya Tidak bisa memperlihatkan dan/ atau meminjamkan pencatatan atau… Read More »

Apakah Anda termasuk WP yang Wajib e-Bupot Mulai Oktober 2019 ?

Wajib aplikasi e-bupot pph pasal 23/26 – Dirjen pajak telah menerbitkan Keputusan Dirjen Pajak Nomor KEP-599/PJ/2019 dimana dalam keputusan tersebut menetapkan wajib Pajak sebagaimana tercantum dalam Lampiran I Keputusan Direktur Jenderal Pajak ini sebagai Pemotong PPh Pasal 23 dan/atau Pasal 26 yang diharuskan menerbitkan Bukti Pemotongan dan diwajibkan untuk menyampaikan SPT Masa PPh berdasarkan Peraturan… Read More »

Siapa yang Berkewajiban Memotong, Menyetor dan Melaporkan PPh pasal 23/26

Pajak Penghasilan ( PPh ) Pasal 23/26 dikenakan terhadap penghasilan Wajib pajak dalam negeri atau bentuk usaha tetap atas jasa yang diberikan, berikut penjelasan seputar PPh Pasal 23/26. Tarif PPh Pasal 23/26 Besar pemotongan 15% ( lima belas persen ) dari jumlah bruto atas penghasilan Dividen, Bunga, Royalti; dan hadiah, penghargaan, bonus, dan sejenisnya selain… Read More »

Cara Lapor Pajak UMKM tarif 0,5% di SPT Tahunan 1770

PPh Final dikenakan kepada Wajib Pajak UKM atas penghasilan ( omzet ) usaha yang diterima atau diperoleh di bawah Rp 4,8 Miliar dalam setahun hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 , Dan mulai tanggal 1 Juli 2018, pemerintah telah mengeluarkan peraturan baru yakni PP Nomor 23 Tahun 2018… Read More »