Category Archives: e-Faktur

e-Faktur 3.0 terbaru DJP berlaku nasional mulai 1 oktober 2020

E-faktur 3.0 Prepopulated – Aplikasi e-Faktur 3.0 mulai 1 Oktober 2020 oleh Ditjen Pajak (DJP) akan mulai diimplementasikan kepada seluruh wajib pajak yang menjadi pengusaha kena pajak (PKP). Aplikasi ini menawarkan fitur tambahan yang memudahkan PKP dalam membuat SPT Masa PPN. Nanti, aplikasi ini akan mengakomodasi prepopulated untuk data pajak masukan (PM) dan pemberitahuan impor… Read More »

Kode Error Validasi PIB karena Kesalahan Saat Input di E-faktur

Kode Error Validasi PIB karena Kesalahan Saat Input di E-faktur – Rekan netter saat ini Dirjen Pajak akan secara otomatis memvalidasi PIB yang diinput / upload di aplikasi e-faktur, untuk itu Dirjen pajak mensosialisasi bagaimana skema validasi dokumen impor di e-faktur, berikut kami informasikan Skema validasi dokumen impor dan beserta kode error validasi PIB jika… Read More »

Terbaru mengatasi Reject ETAX-API-10004 Nomor Faktur Sudah Pernah Digunakan

Reject ETAX-API-10004 Nomor Faktur Sudah Pernah Digunakan – Pernahkan aplikasi efaktur yang anda gunakan pernah mengalami hang atau sering closing sendiri pada saat upload nota faktur pajak ? banyak kemungkinan penyebabnya diantaranya : Kemungkinan data yang anda gunakan sudah terlalu banyak sehingga overload ( dari pertama kali menggunakan aplikasi efaktur hingga sekarang ini data masih… Read More »

Penting !! 3 Cara Simple Backup Database EFaktur

Cara Simple Backup Database EFaktur – Sebagai perusahaan yang sudah dikukuhkan sebagai PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) tentu secara langsung telah diwajibkan untuk menerbitkan Faktur Pajak atas transaksi penjualan barang / jasa, sekarang pembuatan Faktur Pajak sudah sangat mudah dengan adanya Aplikasi Efaktur, dengan aplikasi ini kita bisa langsung membuat laporan pajak SPT Masa… Read More »

Mengatasi SSP Tidak Valid dan tidak bisa di Input ke Efaktur

Mulai 1 Januari 2020, layanan aplikasi billing SSE1 (https://sse.pajak.go.id) dan SSE3 (https://sse3.pajak.go.id) secara resmi dihentikan operasinya oleh Ditjen Pajak untuk layanan mandiri pembuatan kode billing akan dilayani pada menu e-Billing DJP Online. Adapun PIN yang digunakan saat mengakses SSE1 dan SSE3 sudah tidak dapat digunakan pada DJP Online. UPDATE : untuk mengatasi SSP tidak valid… Read More »

Sertifikat Elektronik yang Digunakan Tidak Valid

Sertifikat Elektronik Tidak Valid – Setelah mengajukan permohonon sertifikat elektronik ke KPP dan sudah disetujui, langkah berikutnya adalah membuat faktur pajak atas transaksi yang berjalan, namun dalam beberapa kasus setelah mendapatkan sertifikat elektronik kemudian diinstall ke pc atau laptop muncul masalah baru seperti yang pernah saya alami sebelumnya ( Permintaan NSFP menggunakan Browser Chrome ).… Read More »

Pengusaha dengan omset hingga 4,8 miliar bisa dikukuhkan sebagai PKP

Sobat pajak pasti tidak asing lagi dengan PKP sebagian kalangan usaha baik perusahaan dagang, manufaktur ataupun jasa pasti pernah ditanya oleh lawan transaksi sudah PKP belum? apa sih sebenarnya PKP itu, semoga penjelasan berikut bisa menjawab pertanyaan ini Definisi PKP adalah pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak… Read More »

Status Faktur Pajak selalu Reject tidak bisa Approved

Penyebab status Faktur Pajak selalu reject bisa disebabkan beberapa hal berikut : a. NPWP pembeli tidak valid atau salah input b. Nomor faktur sudah melewati batas jatah penomoran yang diberikan oleh Kantor Pajak c. koneksi internet tidak stabil dan Server Kantor Pajak masih dalam proses maintanance d. sertifikat elektronik yang berikan oleh Kantor Pajak telah… Read More »