Category Archives: Pajak Pertambahan Nilai

Sekarang Turis Asing bisa Klaim Pengembalian PPN

Dirjen Pajak melalui siaran persnya No. SP-25/2019 tentang Kemudahan Pengembalian PPN Bagi Turis Asing menjelaskan bahwa mulai 1 Oktober 2019 turis asing dapat meminta pengembalian pajak pertambahan nilai (PPN) dengan nilai minimum 500 ribu rupiah atau bisa juga akumulasi dari struk belanja di lebih dari satu toko retail yang berpartisipasi dalam skema VAT Refund for… Read More »

Sarat dan Perhitungan PPN atas Kegiatan Membangun Sendiri (KMS)

Pengertian Kegiatan membangun sendiri atau lebih dikenal sengan KMS merupakan kegiatan membangun yang dilakukan bukan dalam kegiatan usaha atau pekerjaan yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan usaha yang hasilnya digunakan sendiri atau digunakan pihak lain. Didalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 163/PMK.03/2012 yang mengatur persyaratan bangunan yang terutang PPN atas Kegiatan Membangun Sendiri. Bangunan berupa… Read More »

Status Faktur Pajak selalu Reject tidak bisa Approved

Penyebab status Faktur Pajak selalu reject bisa disebabkan beberapa hal berikut : a. NPWP pembeli tidak valid atau salah input b. Nomor faktur sudah melewati batas jatah penomoran yang diberikan oleh Kantor Pajak c. koneksi internet tidak stabil dan Server Kantor Pajak masih dalam proses maintanance d. sertifikat elektronik yang berikan oleh Kantor Pajak telah… Read More »