Category Archives: SPT Tahunan

Pengajuan Perpanjangan Batas Waktu Penyampaian SPT Tahunan

By | May 5, 2021

Perpanjangan Penyampaian SPT Tahunan Badan – SPT Tahunan Badan berakhir tanggal 30 April atau 4(empat bulan) setelah tutup periode pembukuan tanggal 31 desember . Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-21/PJ/2009, dijelaskan bahwa batas waktu penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Badan paling lama 4 (Empat) bulan setelah akhir Tahun Pajak. 4 (empat ) bulan… Read More »

Zakat dan Sumbangan Wajib Keagamaan dapat Sebagai Pengurang Pajak

By | May 3, 2021

Zakat dan Sumbangan wajib keagamaan – Beberapa hari lagi bulan ramadhan 1442 H akan segera berakhir kewajiban umat muslim yang terakhir dibulan suci ramadhan adalah membayar zakat baik zakat fitrah atau zakat mal. Zakat mal adalah pengeluaran zakat karena kewajiban yang dibebankan pada harta yang terkait pada perhitungan atau jumlah harta yang diperoleh dalam setahun yang sudah mencapai… Read More »

Tarif Pajak Badan Tahun 2020 Sebesar 22% Cek Ulang SPT 1771 Anda Sebelum Lapor

By | April 22, 2021

Tarif pajak pph badan turun menjadi 22% – Sudahkah SPT Tahunan perusahaan Anda tahun 2020 sudah dilaporkan? Apabila belum dilaporkan perlu kami ingatkan kembali bahwa waktu pelaporan dan penyampaian SPT tahunan badan 1771 akan berakhir tanggal 30 April 2021 dan untuk ketetapan tari pajak badan tahun 2020 adalah sebesar 22% bukan 25% seperti tahun sebelumnya hal ini merujuk… Read More »

Lapor SPT semakin mudah bisa offline dengan e-Form PDF terbaru

By | March 16, 2021

Lapor SPT dengan e-Form PDF terbaru – Baru – baru ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengumumkan melalui banyak media pajak termasuk medsos berkaitan dengan format baru pelaporan e-Filing bentuk baru yaitu e-Form PDF. Format ini banyak memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Orang Pribadi maupun Badan. Sebelumnya, di laman djponline memberikan dua pilihan… Read More »

Manfaatkan Fasilitas PAS Final daripada Kena Sanksi 200%

By | July 25, 2020

Apa itu PAS-Final ? Manfaatkan Fasilitas PAS Final daripada Kena Sanksi 200% – Pengungkapan Aset secara Sukarela dengan menggunakan tarif Final disingkat PAS-Final merupakan prosedur resmi dari dirjen pajak yang memberikan kesempatan bagi Wajib Pajak untuk menyampaikan harta yang belum diungkap dalam Surat Pernyataan Harta (bagi peserta TA) maupun belum dilaporkan dalam SPT setelah berakhirnya periode Amnesti Pajak… Read More »

14 Biaya ini masuk koreksi fiskal positif

By | July 25, 2020

Koreksi fiskal positif – Terkait istilah koreksi fiskal positif muncul sebenarnya karena adanya beberapa biaya yang harus dikoreksi disebabkan biaya tersebut tidak boleh diakui sebagai pengurang penghasilan bruto. Koreksi terhadap biaya tersebut berakibat naiknya pajak terutang dan sebaliknya koreksi negatif merupakan koreksi terhadap biaya pengurang penghasilan bruto yang mengakibatkan pajak terutang berkurang atau turun dan bahkan kemungkinan menjadi… Read More »

Tanpa Daftar Nominatif SPT Tahunan tidak akan diterima

By | August 16, 2020

Tanpa Daftar Nominatif SPT Tahunan tidak akan diterima kerena Daftar Nominatif ini  termasuk sarat multak pada saat penyampaian SPT Tahunan Badan Biaya Promosi Tanpa Daftar Nominatif SPT Tahunan tidak akan diterima – Mengapa disebut biaya promosi? Biaya promosi merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari penjualan, tujuan dari biaya promosi ini adalah seorang produsen dapat mengenalkan dan mempengaruhi… Read More »